Tuesday 21 May 2013

Gemuk vs Kegemukan

Menurut para dokter, Obesitas adalah suatu kondisi di mana seseorang mengalami penimbunan lemak berlebihan. Obesitas adalah Istilah medik untuk kegemukan. Karena “Kegemukan” memiliki awalan ke- dan akhiran -an pada kata ‘Gemuk”, maka artinya, terlalu gemuk. Kondisi ini disebut sebagai penyakit kronik yang bisa diatasi.

Sementara, overweight atau kelebihan berat badan adalah keadaan di mana berat badan seseorang melebihi berat badan normal atau ideal. 

Orang yang mengalami kelebihan berat badan (Overweight) belum tentu Obesitas. Tapi orang yang Obesitas sudah pasti Overweight. Maka tidak semua Overweight itu Obesitas tapi sudah pasti semua obesitas adalah overweight.

            Obesitas         = Kegemukan
            Overweight   = Gemuk

Penambahan berat badan dapat pula terjadi pada atlet, namun tidak disebabkan karena penambahan jaringan lemak, maka atlit tidak bisa dikategorikan kepada kelebihan berat ataupun obesitas. Penambahan berat pada atlit acap kali disebabkan oleh penambahan massa otot bukan penambahan jaringan lemak. 

Obesitas itu Penyakit!

berdasarkan kamus medik, obesitas merupakan suatu penyakit yang dapat menimbulkan banyak komplikasi penyakit lainnya. biasa disebut Komordibitas yaitu, suatu
keadaan dimana seseorang menderita dua penyakit atau lebih dalam waktu bersamaan.

Seperti contoh, biasanya, orang yang mengalami kelebihan berat badan dan obesitas akan mengalami kolesterol tinggi, kolesterol ini akan memicu penyakit asam urat yang akan memunculkan gejala lain yaitu hypertensi hingga akhirnya hipertensi mengakibatkan terjadinya STROKE, kalau sudah stroke? hidup tinggal setengah.

komplikasi penyakit akibat obesitas ini akan menurunkan kualitas hidup dan usia seseorang. Artinya, penyakit-penyakit yang ditimbulkan oleh keadaan obesitas akan membuat si penderita hidup tak tenang, hidupnya akan dipenuhi obat-obatan, kerjanya bolak-balik rumah sakit.  Bukannya menyembuhkan satu penyakit tapi malah memunculkan penyakit baru akibat obat-obatan. Ujung-ujungnya sudah pasti Anda bisa membayangkan sendiri apa yang akan terjadi. solusi: www.yuksarapan.com

Advertiser