Wednesday 19 March 2014

8 Cara Makan Yang Sehat

Dengan banyaknya makanan yang tinggi kalori dan rendah nutrisi, yang hanya mengandalkan rasa yang enak tapi tidak sehat, membuat banyak orang kebingungan apa yang sebaiknya mereka makan untuk tetap sehat.
Pola makan sehat itu sebetulnya tidak sulit dan sangat memungkinkan untuk dilakukan tiap orang. Apapun goal anda, apakah untuk menambah massa otot, turun berat badan atau mungkin hanya mempertahankan berat badan anda, anda harus familiar dengan fundamental dari pola makan yang sehat dibawah ini:

  1. Konsumsi karbohidrat yang baik atau karbohidrat dengan index glikemik rendah. Karbohidrat yang baik termasuk whole grain, whole wheatt, oatmeal, buah-buahan, sayuran dan beans. Disaat yang sama hindari makanan yang banyak mengandung gula sederhana dan karbohidrat yang sudah diproses seperti beras putih
  2. Makan Protein yang mengandung sedikit lemak seperti ayam, kalkun, putih telur, kacang2an, ikan. Hindari protein yang mengandung lemak jenuh tinggi. Jurusan kesehatan umum di Universitas Harvard mengatakan bahwa orang0orang yang mengkonsumsi daging sapi, kambing, bebek dan babi memilliki resiko lebih tinggi terkena kanker usus.
  3. Makan makanan berserat tinggi. Sebagian besar orang indonesia terbukti tidak cukup mengkonsumsi serat, karena pada dasarnmya orang Indonesia tidak cukup makan buah, sayur dan whole grains. Orang dewasa memerlukan antara 20-30 gram serat per hari. Selain sayuran dan whole grains, beans dan oatmeal merupakan sumber serat yang sangat baik
  4. Hindari Trans Fat. Trans fat menurunkan kolestero baik dan menaikkan kolesterol jahat di badan anda. Fast food, makanan panggang yang dijual secara komersil, makanan pencucui mulut / dessert dan semua makanan yang mengandung kata Lemak nabati yang dihidrogenisasi / partially hydrogenated vegetable oil, semuanya mengandung trans fat
  5. Makan 4,5-9 porsi buah per hari. Buah dan sayur kaya akan nutrisi dan anti oksidan. Buah dan sayur bisa menhadi cemilan yang rendah kalori yang bisa menggantikan cemilan tinggi lemak dan kalori spt es krim, permen, pizza atau keripik kentang.
  6. Minum air putih yang cukup. Apapun tujuan anda dari segi kesehatan dan kebugaran, rata-rata anda akan mebutuhkan minimal 8 gelas air putih per hari. Anda tidak akan pernah bisa mengalami kelebihan air putih. Ginjal anda mampu menampung hingga 60 gelas air putih per hari.
  7. Jangan minum minuman manis seperti minuman bersoda, minuman olahraga (sports drink), dan jus buah yang mengandung penambahan gula. Minuman ini pada dasarnya hanyalah kalori kososng (kalori tinggi tanpa ada nilai nutrisi) yang hanya akan menaikkan kadar gula dalam darah anda saja.
  8. Konsumsi nutrisi tambahan atau suplemen anda. Kualitas makanan saat ini sdh berbeda dengan 50-60 tahun lalu. Itu sebabnya WHO sendiri menyarankan anda memberikan makanan tambahan atau suplementasi untuk melengkapi nutrisi yangh dibutuhkan badan anda.

Untuk informasi nutrisi selular yang bisa membantu anda dalam mendapatkan kesehatan yang optimal atau membantu anda untuk turun berat badan dan mengurangi kadar lemak dengan sehat, KLIK DISINI

Advertiser