Thursday 20 August 2015

Cara Membuat File JPEG di InDesign

Format file JPEG selalu dibutuhkan beberapa desainer dan layouter untuk mempublikasikan atau mempresentasikan karya yang telah ia buat.

Hampir semua software desain grafis memiliki fasilitas untuk membuat format file JPEG termasuk dengan software Adobe InDesign. Tapi beberapa pemula yang menggunakan software ini sedikit kebingungan caranya karena format penyimpanan file kerja Adobe InDesign hanyalah .indd.

Tapi sebenarnya sangat mudah membuat file JPEG dengan InDesgin. Berikut saya coba jelaskan dengan ringkas cara membuat file JPEG dengan InDesign.

Langkah pertama, tentukan file atau lembaran kerja mana yang ingin dijadikan format JPEG, jika hanya ingin halaman-halaman tertentu saja, maka tentukan halaman mana saja. Tapi sebelumnya pastikan bahwa file Anda sudah di save atau disimpan di salah satu drive atau folder komputer Anda.

Berikutnya, pilih menu File > Export, jika ingin lebih cepat bisa dengan menggunakan shortcut pada keybord dengan menekan sekaligus Ctrl+E.

Cara Membuat File JPEG di InDesign
Berikutnya akan keluar menu Export, tentukan dimana Anda ingin menyimpan file JPEG yang akan dibuat serta nama filenya. Pada kolom Save as type pilih JPEG lalu klik Save 

Cara Membuat File JPEG di InDesign

Maka akan muncul Export JPEG seperti dibawah ini;

Cara Membuat File JPEG di InDesign
Keterangan;
Range : Tentukan halaman berapa saja yang ingin dijadikan JPEG pisahkan dengan tanda koma (1,2,3,6,10) jika dari halaman 1 sampai 5 beri tanda (-)
All : Jika ingin menjadikan seluruh halaman sebagai file JPEG
Pages : Export per halaman
Speads : Export per spread

Pada pilihan Image, tentukan kualitas gambar, metode format, resolusi dan warna gambar yang diinginkan. Jika sudah, klik Export, tunggu sampai proses selesai. Maka file yang Anda ubah tadi sudah tersimpan di komputer seperti ini;

Cara Membuat File JPEG di InDesign
Selesai tutorial Cara Membuat File JPEG di InDesign. Semoga bermanfaat..

Advertiser