Tuesday 25 August 2015

Waktu Efektif Mengirimkan Email Marketing

MusthafaKamal.Net - Bagi pelaku bisnis online atau yang berhubungan dengan dunia Internet sudah pasti tidak asing lagi dengan Email marketing. Email marketing merupakan cara pemasaran dengan memanfaatkan media email.

Melalui email marketing, seorang pebisnis akan senantiasa terhubung dengan pelanggan maupun calon konsumennya baik untuk keperluan follow up, menawarkan produk, atau menjalin silaturahmi dengan pelanggan dalam waktu yang relatif lama.

Tapi salah satu kekurangan dari email marketing adalah jarangnya si pemilik email membuka emailnya. Karena faktanya, orang yang punya email justru terkadang tidak pernah membuka inbox email atau bahkan sampai lupa pasword untuk masuk ke emailnya.

Namun ini tidak menjadi penghalang bagi pelaku bisnis online karena masih banyak orang diluaran sana yang rutin mengecek setiap email yang masuk ke akun miliknya. Maka email marketing tetap menjadi pilihan bagi pelaku bisnis online dalam menjalin komunikasi dan hubungan yang baik dengan pelanggan atau calon konsumennya.

Satu hal yang harus kita perhatikan dalam mengirimkan email marketing adalah ketepatan waktu atau penyesuaian waktu agar tepat dengan rutinitas dan keadaan si penerima email tersebut. Menurut beberapa pengalaman dalam dunia email marketing, termasuk yang pernah saya sendiri lakukan, berikut adalah waktu-waktu yang efektif mengirimkan email marketing. Waktu-waktu ini terbukti memiliki respon yang lebih tinggi dibandingkan waktu lainnya.

Jam 9 Pagi

Ini adalah waktu terbaik bagi Anda mengirimkan email marketing, karena biasa nya jam ini merupakan jam orang mulai berkonsentrasi pada pekerjaannya, termasuk salah satunya adalah mengecek email yang masuk. So, bisa dipastikan kemungkinan besar email yang Anda kirim akan dibuka dan dibaca.

Jam 1 Siang
Waktu dimana orang mulai lelah dan memilih untuk mencari makan siang, saat makan biasanya mereka masih memegang smartphone untuk ngecek hal-hal terbaru yang terjadi sambil menikmati makan siang dan istirahat mereka. Tapi kemungkinan kecil hal ini akan dilakukan oleh banyak orang, hanya sebagian saja. Jadi email yang kita kirimkan diwaktu ini masih ada yang membaca tapi dalam jumlah yang sedikit, bisa jadi 40% dari list yang kita punya.

Waktu Efektif Mengirimkan Email Marketing
Gambar dari Blog.Sribu.com
Jam 8 Malam
Waktu ini adalah waktu dimana banyak orang memilih bersantai dirumah setelah lelah bekerja, dan salah satu aktivitas yang sering dilakukan adalah memegang gadget mereka, sudah bisa dipastikan banyak orang yang ikut memeriksa inbox emailnya diwaktu ini. Meskipun tidak dicek malam hari, email yang Anda kirimkan akan dibaca esok paginya sambil bersiap-siap memulai aktifitas mereka.


Baca juga: Autoresponder Terbaik Untuk Bisnis Anda

Jika email marketing yang berisi sebuah penawaran terbatas waktu, misalkan Anda mengirimkan promosi produk hanya berlaku dalam 2 hari saja, maka dalam 1 hari bisa Anda kirimkan 2 kali, pertama pagi hari untuk promosi kemudian jam 4 sore sebagai pengingat akan berakkhirnya promosi. Sehingga penerima bisa mengambil keputusan untuk mengeksekusi email marketing Anda keesokan harinya.

Demikian sedikit tentang Waktu Efektif Mengirimkan Email Marketing.

Advertiser